Pages

Mari Kenali Hewan-Hewan Asli Kutub Utara

Hewan-hewan di kutub utara menjadi sangat menarik diperbincangkan karena kemampuan mereka untuk hidup di suhu yang sangat ekstrim. Dengan sedikit modifikasi yang diciptakan oleh Tuhan, hewan-hewan ini memiliki kelebihan yang berguna selama mereka hidup di suhu yang sangat rendah sekalipun. Mari kita kenali lebih dekat hewan-hewan unik yang mampu hidup di Kutub Utara berikut ini.


1. Beruang kutub


Beruang Kutub

Beruang Kutub


Beruang kutub memiliki bulu tembal berminyak serta lapisan lemak dibawah kulit mereka. Hewan ini menghabiskan banyak waktunya berkumpul diatas es atau berenang di dalam air sambil berburu makanan favorit mereka, anjing laut. Bulu putih mereka membantu beruang mengendap-endap ketika anjing laut sedang beristirahat di atas es. Pada musim panas, lebih sulit untuk berburu anjing laut, oleh sebab itu sebelum musim panas tiba, para beruang kutub makan sebanyak-banyaknya dan menggemukkan badan sehingga mereka mampu hidup dari lemak yang mereka kumpulkan dalam tubuhnya. Betina beruang kutub membuat gua yang terbuat dari es dan berlindung dari kondisi parah saat musim dingin. Anak-anak dari beruang kutub juga lahir saat induknya berada di gua ini.


2. Anjing laut


Anjing Laut Putih

Anjing Laut Putih


Anjing laut putih memiliki panjang sekitar 1,8 meter dan memiliki berat 202 sampai 250 kilogram untuk ukuran dewasa. Anjing laut jenis ini memiliki lapisan lemak dan bulu yang tebal namun pendek berwarna putih untuk membantu menghadapi dinginnya kutub utara. Anjing laut putih dapat menyelam sedalam 180 meter dan mampu menahan nafas seperempat jam untuk mencari makanan. Makanan favorit anjing laut ini adalah kerang dan ikan kecil. Jenis anjing laut lainnya yang hidup di kutub utara adalah anjing laut cincin. Ukuran anjing laut jenis ini lebih kecil dari anjing laut putih beratnya sekitar 81 kilogram dengan panjang tidak lebih dari 1,5 meter. Seperti anjing laut putih, anjing laut cincin memiliki lapisan lemak yang sangat tebal namun tidak memiliki bulu yang tebal. Anjing laut ini mendapatkan namanya dari pola bulat yang berada di kulitnya seperti cincin.


3. Rusa Caribou


Rusa Caribou

Rusa Caribou


Caribou merupakan anggota dari keluarga rusa. CARIBOU are members of the deer family. Bulunya yang tebal dan halus membantu mereka agar tetap hangat. Caribou melintasi kawasan kutub utara secara berkelompok. Mereka memakan lumut-lumutan dan tumbuhan hijau lainnya. Saat musim dingin mereka pergi ke hutan bagian selatan kawasan kutub utara untuk mendapatkan perlindungan dari angin dan salju. Saat musim semi caribou meninggalkan hutan dan pergi ke kawasan tundra dimana anak-anak mereka lahir.


4. Musk Ox (Lembu Musk)


Lembu Musk

Lembu Musk


Hewan ini memiliki mantel tebal dengan bulu yang tergerai lurus kebawah bahkan sampai ke tanah. Saat musim panas bulu mereka merontok. Lembu Musk lebih suka berkumpul bersama untuk melindungi diri dan saling menghangatkan. Ketika serigala menyerang, para lembu musk membentuk lingkaran mengelilingi anak-anak mereka. Lembu Musk dewasa membela diri dan menyerang dengan tanduknya yang tajam.


5. Cerpelai


Cerpelai

Cerpelai


Cerpelai hidup dimanapun dia bisa membuat sarang, membesarkan anak dan menyimpan makanan. Sarangnya terbuat dari kumpulan batu maupun retakan-retakan tanh. Mereka sangat bergantung dengan marmut lemming untuk dimakan, mereka juga tidak takut untuk menyerang kelinci kutub utara. Cerpelai jantan dewasa memiliki panjang 30 cm termasuk ekornya. Betina cerpelai lebih kecil. Hewan ini sangat langsing sehingga dapat menyelinap masuk ke gorong-gorong yang dibuat marmut lemming. Cerpelai geraknya sangat cepat, sangat berani dan selalu lapar. Ketika mendapatkan mangsa, si cerpelai akan selalu membawa makanannya untuk disimpan.


6. Marmut Lemming


Marmut Lemming

Marmut Lemming


Lemming tampak seperti hamster gemuk berbulu lebat. Jenis lemming yang hidup di kutub utara berwarna coklat dan lemming berkerah (collared lemming). Lemming berwarna coklat hidup di wilayah yang agak basah sedangkan lemming berkerah lebih senang tinggal di kawasan berbatu. Saat musim dingin lemming tinggal di gorong-gorong dibawah es. Ketika musim panas datan, lemming meninggalkan sarangnya untuk mencari makan dedaunan, rumput, akar dan buah beri. Pada saat makanan sedang banyak, lemming betina mampu melahirkan enam anak.


7. Kelinci Arktik


Kelinci Arktik

Kelinci Arktik


Kelinci arktik hidup di wilayah lebih utara dari kelinci lainnya. Mereka tinggal di bebatuan lereng bukit sehingga dapat bersembunyi dari serigala, rubah, burung hantu maupun predator lain. Kelinci arktik memakan rumput, batangan pohon dan tumbuhan lain. Ratusan dari mereka berkumpul bersama membentuk kelompok agar tetap hangat dan terlindung dari predator. Ketika bunyi kegaduhan muncul, mereka akan melompat kesegala arah.


8. Burung di Kutub Utara


Burung Hantu Salju

Burung Hantu Salju


Ketika salju mulai meleleh ratusan sampai ribuan burung sampai untuk bersarang, membesarkan anak dan makan dari tumbuhan-tumbuhan yang ada di kutub utara termasuk serangga. Terdapat burung laut, unggas air, dan jenis lainnya. Sarang-sarang burung ini terdapat ditebing-tebing berbatu atau sepanjang laut. Yang lainnya membuat sarang di rumput maupun di tanah. Burung-burung yang berimigrasi ini sampai bulan Mei atau awal bulan Juni dan meninggalkan kutub utara saat musim dingin dan pergi ke tempat yang lebih hangat. Namun tidak semuanya, burung jenis ptamigan, gagak dan burung hantu salju tetap tinggal di kutub utara sepanjang tahun.


9. Walrus


Walrus

Walrus


Walrus harus makan ribuan udang krill dan kerang setiap hari. Kumisnya yang tebal membantu mencari udang-udangan dan kerang di dasar laut. Memiliki lapisan lemak yang tebal melindungi dirinya dari dinginnya laut Kutub Utara dan ketika harus berbaring menghabiskan hari diatas dinginnya es yang menusuk. Waalrus senang mengeluarkan suara yang kencang. Hewan ini sering terlihat berkumpul di air yang membeku maupun dipantai.




Berita Lainnya :

| Berita Unik Terbaru eDetik.com |
| Berita Unik Terupdate Beritaunik.info |
| Tips Motivasi Indotips.info |
| LowKer TerKini Indokarir.info |

0 komentar:

Posting Komentar