Pages

Beginilah Cara Sistem Kerja Parkir Bersusun



Beginilah Sistem Kerja Parkir Bersusun

Hanya dengan menyebutkan plat kendaraan Anda ke petugas operator yang berjaga, mobil pun akan terparkir sendiri ke tempatnya dibantu alat-alat yang sudah tersistem. Sistem parkir yang banyak digunakan di Jepang, Korea dan Singapura ini ternyata juga sudah ada di Jakarta.

Gedung yang coba menerapkan sistem parkir seperti ini ada di RSCM Kencana. Sayang tidak banyak yang mengetahui keberadaannya.

Saat detikcom mengunjungi parkir yang terletak di bagian belakang gedung utama ini, sekilas cara kerjanya sangat mudah. Pengemudi hanya tinggal memilih unit mana yang diinginkan dan menyebutkan plat kendaraan mereka.

"Jadi sebelum mobil masuk ke lift berukuran 1,5 x 5 meter, pemilik mobil menyebutkan nomor plat mereka ke petugas," ujar Penanggung Jawab Gedung RSCM Kencana Rusamto saat berbincang dengn detikcom.

Setelah itu, mobil dimasukkan mobil ke ruangan yang berbentuk lift dengan mengikuti panduan garis kuning yang ada dilantainya dibantu dengan arahan dari petugas. Jika tidak memiliki nyali ada baiknya meminta tolong pada petugas.

"Begitu mobil masuk, rem tangan ditarik dulu. Lalu posisi ban mobil harus pas di garis kuning ini, kalau tidak sensor akan berbunyi. Artinya posisi mobil belum pas, dan kalau belum pas kita tidak akan naikkan. Jadi kita harus benar pelan-pelan aturnya sampai sensor tidak berbunyi lagi," jelasnya.

http://www.beritaunik.info/wp-content/uploads/2011/05/288d04c8tI8dD2wUTb.jpg

Setelah posisi standby, operator akan memasukkan nomor kendaraan pada alat yang sudah tersistem seperti komputer berbentuk kotak yang terletak di sisi kanan tiap unit. Setelah nomor dimasukkan lalu ditekan in (masuk), kemudian run (jalan).

"Dan wuush,, lift akan berjalan ke atas mencari posisi yang kosong untuk mobil itu. Jadi tidak kita atur ke kiri kanannya," beber Rusamto.

Hanya saja memang ruangan ini tidak cukup untuk mobil yang berbody agak besar seperti Land Cruiser. Karena patokan ukuran mobil saat membuat parkir ini ada jenis Kijang Innova.

Lalu bagaimana jika mobil hendak keluar? "Sama saja seperti saat masuk tadi, ingat unitnya, lalu sebutkan plat kendaraan pada petugas operator. Petugas akan menekan alat yang ada di kotak pada dengan sasaran plat tersebut lalu, tekan out dan run. Tidak sampai tiga menit mobil sudah tiba di depan Anda," jelasnya.

Setiap unitnya digerakkan oleh empat motor. Motor-motor ini setiap harinya akan diberi pelumas.

"Jadi yang penting itu perawatan mesin-mesinnya ini. Diberi pelumas, pembersihan, kontrol panel dan sensornya di cek, tingkat kelevelan juga, agar saat mobil berpindah tidak tersangkut, dan itu dilakukan setiap hari. Kalau mati lampu juga nggak masalah karena kita full genset," paparnya.

Sayangnya karena SDM belum mencukupi, baru ada 3 orang petugas yang bekerja secara bergantian. Tapi karena aktivitasnya belum banyak, sejauh ini tidak ada kendala.

"Karenakan gak selamanya full, keluar masuk," jelas Rusamto.

Rusamto berharap ujicoba setahun ini segera selesai akhir Mei ini. memgingat selama masa ujicoba, tarif parkir di parkir bersusun ini gratis, padahal untuk perawatan membutuh dana.

"Jadi itung-itungan kasarnya rencana memakai fasilitas ini di dibandrol Rp 10 ribu," tutupnya.

Bagi Anda yang penasaran, silakan mencoba. Yang jelas kendaraan anda akan lebih aman.


source




Berita Lainnya :

| Berita Unik Terbaru eDetik.com |
| Berita Unik Terupdate Beritaunik.info |
| Tips Motivasi Indotips.info |
| LowKer TerKini Indokarir.info |

0 komentar:

Posting Komentar